Peringatan : Jangan Minum Susu Sapi

Standard

alergi-susu-sapiTidak ada mamalia yang minum susu setelah dewasa kecuali Homo Sapiens (Hiromi Shinya).  Begitulah alam bekerja. Hanya manusia yang dengan sengaja mengambil susu dari spesies lain, mengolahnya (sebenarnya malah mengoksidasinya), dan meminumnya. Hal ini bertentangan dengan hukum alam.

Susu sapi untuk anak sapi. Dalam susu sapi itu, nutrisinya cocok untuk anak sapi yang sedang berkembang.  Susu sapi yang berguna untuk anak  sapi ini, belum tentu berguna bagi manusia.

Jika Kita melakukan perbandingan nutrisi antara susu sapi dan ASI, maka Kita dapati bahwa keduanya memang mirip. Namun, kualitas dan jumlah nutrisi nya sangat berbeda. Salah satu contohnya adalah bahan antioksidan laktoferin (berfungsi memperkuat fungsi kekebalan tubuh). Laktoferin yang terdapat pada susu sapi hanya 0.01% sedangkan pada ASI kandungannya 0.15%.  Bayi yang lahir dari spesies yang berbeda sepertinya membutuhkan jumlah dan rasio nutrisi yang juga berbeda.

Nah, kalau ternyata susu sapi sebenarnya tidak cocok dikonsumsi bayi manusia, bagaimana dengan manusia dewasa?

Mari kita ambil antioksidan laktoferin lagi sebagai sampelnya.  Pada ASI, laktoferin ini dapat diserap dengan baik oleh bayi karena lambungnya belum berkembang sempurna. Sekresi lambung bayi masih sedikit sehingga laktoferin ini diserap dengan baik dan tidak terurai. Namun pada manusia dewasa, laktoferin pada ASI akan terurai dalam asam lambung.  Begitu juga laktoferin pada susu sapi. Ia akan terurai dalam asam lambung.

Singkatnya, ASI manusia memang tidak dimaksudkan untuk manusia dewasa.

Susu sapi untuk anak sapi.

Susu sapi, bahkan dalam bentuknya yang paling alami yaitu susu segar yang masih mentah, bukanlah makanan yang cocok untuk manusia. Manusia mengubah susu sapi segar, yang pada dasarnya tidak baik untuk manusia, menjadi makanan yang lebih tidak baik dengan cara mengolahnya (homogenisasi dan pasteurisasi suhu tinggi).

Hanya itu saja? Tidak.

Susu sapi untuk anak sapi.

Ada masalah lainnya pada susu jika dikonsumsi manusia.

Kebanyakan orang dewasa tidak memiliki cukup enzim lactase untuk menguraikan laktosa.  Laktosa adalah zat gula dalam susu mamalia. Pada bayi, enxim lactase ini tersedia dalam jumlah yang cukup, namun jumlahnya berkurang seiring pertambahan usia. Perut bergemuruh dan diare adalah dua contoh dari gejala ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa.

Oleh karena manusia pada saat bayi mampu minum ASI yang kaya laktosa (7%) karena memiliki cukup enzim lactase, namun pada saat dewasa kemampuan ini menghilang seiring makin berkurangnya enzim lactase pada tubuh, bisa jadi inilah cara alam untuk memberitahu manusia bahwa susu bukan untuk diminum oleh orang dewasa.

Habis masalahnya? Belum

Susu sapi untuk anak sapi.

Susu itu juga makanan yang sulit dicerna. Karena sifatnya adalah zat cair yang encer, orang meminumnya bagaikan minum air saat haus.  Kasein, yang membentuk 80% protein pada susu, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung, sehingga mencernanya menjadi sangat sulit. Ditambah lagi, pada susu yg dijual dipasaran, kasein telah di homogenisasi. Homogenisasi adalah meratakan kadar lemak dalam susu dengan cara mengaduk. Saat diaduk, udara ikut tercampur didalam susu dan mengubah lemak susu menjadi lemak teroksidasi. Lemak teroksidasi ini akan menghasilkan radikal bebas yang punya pengaruh buruk bagi tubuh.

Susu yang telah di homogenisasi ini kemudian dipasteurisasi pada suhu tinggi (diatas 100 derajat Celcius). Enzim sangat sensitive terhadap panas dan mulai hancur pada suhu 93,3 derajat Celcius. Ini artinya apa?

Artinya adalah susu yang dijual di pasaran itu, disamping mengandung lemak teroksidasi yang punya pengaruh buruk bagi tubuh, juga tidak lagi mengandung enzim enzim yang berharga karena telah hancur oleh suhu tinggi.

Source

36 thoughts on “Peringatan : Jangan Minum Susu Sapi

  1. yang jelas kalo loe minum ASI lembu, waktu dewasa loe berotak lembu.
    kalo loe minum ASI waktu dewasa, loe disebut apa ya??…menarik ini artikel………dan ini bukan artikel pertama yg bahas ttg asi..(k)

  2. Martha Andival

    aduh kalau yg itu saya beneran ga tahu dan ga bisa jawab, intinya artikel ini penjelasannya sudah ilmiah loh🙂

  3. Wah masa sih..ane udah cekidot ke hiromi shinya nya langsung tuh di link nya, emang mantep juga sih ada 7 kunci sehat nya😀

    tapi saya gak akan menghentikan utk minum susu dan kopi ah😛

  4. susu sapi…bisa digunain sebagai pendamping asi mas…
    bisa kalau ibunya lagi sakit…atau ada penyakit menular…jadi nggak sampe nular ke bayi yang daya imunnya masih rendah atuh…
    memang diusaahin supaya anak Indonesia, minum asi ekslusif…
    biar pinter…dan gemuk di lemak aja…
    cuman mau share🙂

  5. Santi

    klw..minum asi nenek gimana ya bahaya.nya apa ya???
    Hehehehe..

    Lahh piye toh mass nabi aja mengusumsi susu sapi & unta untuk diminum…!!!

  6. Benar, Nabi minum yang tidak disterilkan seperti sekarang dan lagipula, Nabi minum susu bukan setiap hari/setiap pagi atau setiap malam..🙂

  7. Dilahirkan sebagai anak manusia, kok menjadi anak sapi he he he…Ya gitulah manusia adalah khalifah dimuka bumi dan diberi-Nya kecerdasan untuk memanfaatkan yang ada di bumi termasuk sapi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s